Keindahan Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Salah satu tempat wisata alam di Bandung yang terletak di Lembang ini banyak menyimpan keindahan panorama alam,  mungkin sudah tidak asing lagi bagi beberapa para Warga Bandung.Artikel kali ini saya akan membahas  tentang Tangkuban Perahu.

Pernah mendengar cerita rakyat Sangkuriang? Ini legenda atau mitos yang dianggap warga setempat sebagai asal usul Gunung Tangkuban Perahu.Saya sedikit menceritakan kembali legenda ini.Bercerita tentang anak bernama Sangkuriang yang membunuh seekor Anjing yang merupakan ayahnya, ibunya Dayang Sumbi murka dan membanting Sangkuriang sampai terluka.
Keindahan Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Dayang Sumbi di usir dari kerajaan dan Sangkuriang pergi berkelana jauh. Saat dewasa, Sangkuriang bertemu dengan gadis cantik yang ternyata ibunya sendiri namun tidak saling mengenal dan melamar Dayang Sumbi. Setelah tahu dia adalah Sangkuriang, Dayang Sumbi memberi syarat sulit untuk menggagalkan pernikahan yaitu membuat bendungan dan perahu besar dalam satu hari.

Karena gagal dan merasa di tipu, Sangkuriang murka dan menendang perahunya menjadi terbalik berbentuk gunung. Kemudian perahu itulah yang di kenal sampai sekarang sebagai gunung Tangkuban Perahu.

Dengan tinggi 2.084 m di atas permukaan laut atau 6.387 kaki  dan  suhu rata-rata pada siang hari  17 derajat celicius, sedangkan pada malam hari suhu disana bisa mencapai 2 derajat celcius.Data tersebut saya dapatkan dari sumber Wikipedia.Salah satu tempat wisata alam di Bandung, Gunung Tangkuban Perahu memiliki bentuk stratovulcano dengan pusat erupsi perpindah-pindah dari timur ke barat. Dikelola oleh Perum Perhutanan dengan tingkat suhu 17 derajat celcius dan 2 derajat celicus saat malam hari.
Tangkuban Perahu adalah gunung yang aktif terbukti dengan sering munculnya gas belerang dan sumber air panas di sekitar gunung, seperti di Ciater, Subang. Warga setempat percaya akan tempat yang di duduki oleh Bandung sekarang adalah bekas telaga karena memiliki banyak bukit di sekitar Tangkuban Perahu. Para peneliti berpendapat wilayah Bandung terbentuk karena di bendungnya Citarum serta letusan gunung api pada masa lampau yaitu gunung Sunda dan terpecah menghasilkan anak gunung yaitu gunung Tangkuban Perahu.
Keindahan Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Jika anda sedang mencari tempat wisata alam di Bandung,  Gunung Tangkuban Perahu saya rekomendasikan sebagai salah satunya, anda bisa melewati jalur pintu tol Pasteur menuju Jl. Dr. Djunjunan, berjalan kaki ke Pasirkalili ke Sukajadi lanjut ke Setiabudi terus ke Lembang dan anda sampai ke gerbang atas wisata Gunung Tangkuban Perahu.
Jika Anda ingin keluar melalu pintu tol Padalarang melalui Cipalarang, anda bisa mengakses jalan ke Cimahi lalu belok kiri melewati Jl. Kolonel Masturi terus sampai ujung jalan dengan melewati kecamatan Cisarua dan kecamatan Parongpong kab. Bandung barat. Setelah menemukan Jl. Raya Lembang (pertigaan) belok kiri terus melalui markas Brimob terus lagi melalui Tahu Thuhid sebelah kiri maka kisaran 200 m anda sampai ke gunung Tangkuban Perahu bagian kawah gunung berada di sebelah kiri jalan.

Jika masih bingung akan tempatnya, anda bisa mengakses alamat lengkap Tangkuban Perahu adalah di wilayah Sukajaya, Lembang, Bandung Barat 4039 Provinsi Jawa Barat, Jawa Negara Indonesia. Anda masih bingung? Anda dapat mencoba layanan khusus wisata Bandung atau dengan cara menyewa mobil khusus sewaan wisata tempat di Bandung di sewaan mobil Bandung. Perjalanan mungkin akan lama dan membosankan, apalagi bagi Anda yang berasal dari luar kota bahkan luar provinsi dan pulau.Tapi menurut saya itu semua akan terbayar ketika anda sampai pada salah satu kawasan wisata di Bandung ini.

Gunung Tangkuban Perahu sangat cocok dijadikan salah satu tujuan tempat wisata alam di Bandung yang wajib anda kunjungi ketika anda sedang berada di Bandung.Anda akan dimanjakan dengan udara sejuk dan panorama yang indah.

Sekian dari KamusBandung dan semoga bermanfaat untuk anda.

Baca juga


Related Post