Menikmati Pesona Alam di Tebing Keraton Bandung Utara

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bandung rata – rata akan mencari tempat wisata alam, mungkin karena bosan dengan kepadatan kota sehari – hari ataupun bosan melihat gedung – gedung tinggi. Salah satu tempat wisata di Bandung Utara yang paling rekomended bernama Tebing Keraton. Objek wisata ini tergolong baru di Bandung dan langsung hits sejak kemunculan foto dokumentasi di beberapa media sosial sekitar tahun 2014. Untuk menikmati keindahannya, anda perlu usaha yang tidak sedikit. Hal ini karena lokasi Tebing Keraton yang berada pada puncak ketinggian bukit Dago.

Tapi lelah anda akan tergantikan ketika sampai di puncak bukit. Decak kagum pada pandangan pertama ketika menyaksikan hamparan hutan luas laksana Zamrud hijau di khatulistiwa. Istimewanya anda dapat pula menjadi saksi sunrise atau sunset dari Tebing Keraton. Sungguh akan menjadi perjalanan wisata romantis di Bandung jika anda bersama orang terkasih. Tapi jika anda membawa keluarga anda, pastinya wisata ke Tebing Keraton juga akan menarik untuk menikmati keindahan alam bersama – sama.
Menikmati Pesona Alam di Tebing Keraton Bandung Utara

Ketinggian Tebing Keraton berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl, menurut dari berbagai sumber yang saya dapatkan. Dulu namanya bukan Tebing Keraton, tetapi lebih dikenal dengan nama Bukit Jontor karena ada sebuah batu yang menjorok kedepan layaknya orang “jontor”. Namun menurut cerita penduduk sekitar, dulu ada seorang wisatawan yang kesurupan disana dan sang mahkluk halus mengatakan bahwa namanya harus diganti menjadi Tebing Keraton. Yang konon katanya “Keraton” nya para mahkluk halus ini. Yah itulah sedikit kisah mistis yang konon katanya asal muasal nama tempat ini.

Jika anda berniat berkunjung kesini usahakan sudah tiba sebelum sunset atau sunrise. Agar anda bisa selfie dan mendapatkan pemandangan alam yang lebih indah. Untuk berwisata ke salah satu tempat wisata alam di Bandung ini, anda harus menuju ke arah Dago Pakar dulu. Setelah anda menemukan patokan Taman Hutan Raya (THR) di Jalan Ir. H. Juanda  anda belok kiri, belokan ini sebelum jika anda ingin berkunjung ke The Valley. Anda bisa lurus terus sampai menemukan Warung Bandrek. Tidak jauh dari sana anda sudah dekat dengan Tebing Keraton.
Menikmati Pesona Alam di Tebing Keraton Bandung Utara

Seperti kata saya pada awal artikel, anda sebaiknya datang saat sebelum sunset atau sunrise. Jika anda datang sebelum sunrise maka pemandangan indah dari hamparan pepohonan hijau dan kabut – kabut yang seperti sedang menari di langit luas. Jangan lupa jika matahari sudah mulai terbit mata anda akan sangat terpuaskan dengan keindahan cahaya matahari yang mulai menembus tarian kabut – kabut di pagi hari. Tentunya saat ini menjadikannya lebih istimewa. Oleh karena itu saya menyarankan anda untuk datang sebelum sunrise atau sunset.

Begitupun sebaliknya jika anda memang ingin melihat sunset dari Tebing Keraton menurut saya ini juga satu pengalaman dan pemandangan yang sangat indah sekali. Melihat matahari terbenam dan menghilang di balik banyaknya pepohonan hijau yang asri. Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp. 10.000 dan wisatawan mancanegara / turis Rp. 75.000 ditambahkan biaya asuransi Rp. 1.000.

Sedikit tips dari saya :

  • Bawalah mantel atau jaket yang tebal, karena udara disana dingin.
  • Bawalah peralan untuk foto seperti kamera, telepon seluler, dan tongsis tentunya untuk selfie dengan hamparan hijau pepohonan pinus.
  • Bawalah tambahan seperti sarung tangan dan topi, untuk berjaga – jaga apabila anda tidak kuat akan udara dingin.
  • Jangan lupa juga untuk membawa obat – obatan pribadi anda.

Sekian artikel dan tips dari saya untuk anda yang ingin berwisata ke salah satu tempat wisata alam di Bandung Utara, akhir kata hati – hati di jalan karena jalanannya yang menanjak dan selamat menikmati keindahan alam Bandung.


Baca juga


Related Post