Pesona Beberapa Tempat Wisata Alam di Bandung Selatan

Selain terkenal akan kemegahan Gedung Sate, sisi lain Bandung ternyata menyimpan sejuta pesona. Selain 3 tempat wisata yang saya sudah ulas beberapa hari yang lalu.Untuk anda yang ingin mendapatkan kesegaran menghirup udara pagi tanpa polusi, berkunjunglah ke kota ini.

Memang saat ini wisata Kota Bandung sedang digalakkan. Banyak pembenahan atau penambahan fasilitas umum yang dibuat senyaman mungkin untuk warganya. Objek wisata di Bandung Selatan dengan background keindahan alam juga tak kalah memberi rasa nyaman.
Pesona Beberapa Tempat Wisata Alam di Bandung Selatan

Berbicara tentang tempat wisata alam di Bandung, pasti yang ada di pikiran anda adalah kawasan wisata Bandung Lembang dengan udara dinginnya. Padahal sebenarnya tidak hanya wilayah Bandung Barat saja yang di anugerahi alam yang mempesona. Jika Bandung Barat punya Lembang, wilayah Bandung Selatan punya Ciwidey. Rasanya sangat sayang sekali ketika jalan jalan ke Bandung Selatan tapi tidak sampai ke tempat Wisata Kawah Putih. Objek wisata ini berupa kawah bekas letusan gunung purba sunda dengan panorama indah berupa hamparan pasir disekitar kawah.

Hal yang membuat kawasan ini bertambah istimewa adalah misteri yang turut menyertai keberadaan kawah putih. Selain wisata kawah putih apakah masih ada tempat wisata menarik lain? Tentu saja ada dan masih banyak, berikut beberapa ulasannya untuk anda.
  • Ranca Upas

Lokasi wisata alam di Bandung Selatan yang populer ini terletak di jalan Ciwidey, Rancabali Ciwidey Bandung. Wisata alam Ranca Upas merupakan objek wisata terpadu yang dirancang khusus lengkap dengan pusat kuliner, hiburan keluarga, dan konservasi satwa langka. Jadi tak heran jika tempat ini menjadi favoritnya para pecinta alam. Daerah Ciwidey memang terkenal dengan udaranya yang sangat dingin. Tapi yang menarik adalah adanya waterboom dan kolam renang dengan air panas.

Jadi anda bisa berendam menghangatkan tubuh sambil menikmati view yang hijau dan berhawa sejuk. Fasilitas lain yang dapat anda coba di Ranca Upas adalah permainan outbond yang memicu adrenalin. Anda juga dapat melakukan camping di alam terbuka bersama pasangan dengan pemandangan langit bertaburkan bintang. Pastinya tempat wisata romantis di Bandung ini akan sangat berkesan untuk anda.
  • Pemandian Air Panas Cimangu

Masih berada di Jalan Rancabali, pemandian air panas Cimangu yang menjadi objek wisata di Bandung yang ramai dikunjungi wisatawan luar kota hingga mancanegara. Mereka yang berkunjung di tempat ini sangat betah berendam di pemandian air panas untuk melindungi tubuh dari hawa dingin. Pemandian Cimangu tepatnya berada di kaki gunung Ciwidey.

Air panas disana mengandung belerang yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Fasilitas salah satu tempat wisata alam di Bandung ini terbilang lengkap. Terdapat sejumlah penginapan yang siap anda huni jika ingin menikmati malam dingin Ciwidey.
Pesona Beberapa Tempat Wisata Alam di Bandung Selatan


Situ dalam bahasa Sunda atau berarti danau, memang seringkali didesain untuk berperan sebagai objek wisata. Salah satunya adalah Situ Patenggang yang berada di wilayah Bandung selatan ini. Tempat wisata alam di Bandung ini dapat ditempuh dengan 10 menit perjalanan dari Ranca Upas dan 15 menit berjarak dari kawah putih.

Situ Patenggang berada diatas pegunungan sehingga anda dapat menikmati hawa sejuk, suasana tenang, dengan panorama alam berlatar belakang tebing gunung yang tinggi. Hamparan kebun teh yang menghijau menambah semarak sajian alam. Tempat ini juga telah dilengkapi dengan pondok penginapan yang bisa anda jadikan tempat beristirahat dan menghabiskan malam.

  • Gunung Puntang

Jalan jalan ke Bandung akan terasa lebih lengkap jika mengunjungi objek wisata alam di sekitar Pangalengan. Kawasan ini sangat terkenal di kalangan pecinta hiking dan treking. Dimana lagi kalau bukan Gunung Puntang. Kesan pertama saat anda berkunjung ke Gunung Puntang adalah sebuah kawasan yang sangat asri, alami, dengan banyak pohon rindang menjulang tinggi.

Anda juga akan berjumpa dengan bangunan tua peninggalan penjajah Belanda. Maka tak jarang jika tempat ini dijuluki sebagai tempat terangker dan penuh misteri. Namun hal itu tidak menyurutkan wisatawan untuk camping di sekitar Gunung Puntang.

Nah, itulah beberapa tempat wisata alam di Bandung yang bisa anda singgahi ketika berkunjung ke Bandung Selatan. Untuk anda yang sedang mencari informasi mengenai berbagai tempat wisata lainnya di Bandung, tunggu ulasan saya pada artikel selanjutnya.

Baca juga


Related Post