Wisata Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Salah satu tempat wisata kesukaan saya, jaman masih sekolah dulu hampir tiap bulan sekali saya dan teman-teman bermain ke Situ Patenggang.Memang tempatnya cukup jauh ±47 kilometer dari pusat Kota Bandung, namun sebanding dengan hasilnya apabila kita sudah sampai disana.Tentu saja dengan pemandangan alam yang indah dan udaranya yang sejuk.

Situ Patenggang Ciwidey, Bandung merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang saya rekomendasikan untuk anda, jika anda berencana berliburan ke kota kembang ini.Danau ini memiliki berada di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, memiliki luas ±45.000 hektar dan luas cagar alamnya ±123.077,15 hektar menurut informasi yang saya dapatkan dari wikipedia.
Wisata Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Nama Situ Patenggang sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang artinya “situ” artinya ”danau” dan “patenggang” yang diambil dari kata “patengan” artinya “mencari”.Sesuai dengan ciri khasnya, rata-rata penamaan tempat di Kota Bandung tidak terlepaskan dari legenda atau mitos penduduk asli sekitarnya.Namun untuk hal itu akan saya bahas di artikel yang selanjutnya.Lokasi Wisata Situ Patenggang tidak berada jauh dari lokasi Wisata Kawah Putih.

Ketika anda menuju kesana, anda juga akan menikmati suasana alam yang masih asri dengan pohon-pohon besar, udara yang sejuk, dan terdapat kebun strawberry.Anda bisa mampir ke kebun strawberry juga, apalagi bagi anda yang menyukai strawberry.Tentunya akan sangat menikmati memetik strawberry langsung dan memakan buah strawberry yang masih segar langsung ketika selesesai memetik.
Situ Patenggang merupakan salah satu tujuan tempat Wisata di Bandung yang sayang jika anda lewatkan.Dulunya tempat ini merupakan cagar alam, tapi sejak tahun 1981 pemerintah resmi membuka tempat ini dan menjadikannya salah satu tempat wisata di Bandung.

Jika anda ingin mengunjungi, jalur yang harus anda tempuh sama dengan jalur menuju kawasan Wisata Kawah Putih yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.
Ketika anda sampai di Situ Patenggang anda akan melihat indahnya danau dan dikelilingi dengan kebun teh.Tentunya dengan udara yang sangat sejuk, ini cocok untuk kita yang rata-rata kesehariannya berada di pusat kota yang sesak dan udara yang tercemar.

Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau, karena di tengah danau terdapat “pulau cinta” yang ditengahnya terdapat batu cinta, dinamakan begitu karena memang jika dilihat dari atas akan terlihat layaknya bentuk hati.Terlepas dari itu tentunya ada legenda / mitos juga mengenai batu cinta tersebut.
Ketika anda mulai lelah atau lapar anda dapat menikmati makanan atau minuman yang terdapat di toko-toko sekitar danau.Tempat ini juga seringkali dijadikan tempat pre-wedding karena keindahan alamnya dan suasana romantis, tentunya jika anda membawa pasangan jangan sampai melewatkan salah satu tempat wisata di Bandung ini.

Selanjutnya tentu saja mengenai biaya yang harus anda keluarkan untuk berkunjung ke Situ Patenggang.

Harga tiket masuk wisatawan  lokal : Rp. 15.000
Harga tiket masuk wisatawan mancanegara : Rp. 50.000
Roda 4 : Rp. 11.500
Roda 2 : Rp. 3.500
Roda 6 atau lebih : Rp. 22.000

Anda juga dapat membaca berbagai tempat wisata di Bandung, yang saya rekomendasikan untuk anda kunjungi.Semoga artikel Wisata Situ Patenggang ini dapat bermanfaat dan  menjadi salah satu refrensi anda untuk memilih tempat wisata di Bandung.


Baca juga


Related Post