Pesona Wisata Kawah Putih Bandung Selatan

Pada artikel sebelumnya saya sudah merekomendasikan beberapa tempat wisata baik itu wisata alam atau buatan, pada artikel ini saya lebih fokus untuk membahas tentang Wisata Kawah Putih.Pada abad ke-10 merupakan tempat yang angker menurut Warga Bandung, karena setelah meletusnya Gunung Patuha setiap burung yang terbang diatasnya pasti akan mati.Tahun 1837 seorang ahli botanis berkebangsaan Belanda peranakan Jerman, Dr. Franz Wilhelm memutuskan untuk mencari tau penyebabnya dan mendaki Gunung Patuha hingga kepuncaknya.
Pesona Wisata Kawah Putih Bandung Selatan

Ternyata dia melihat ada kawah yang warnanya putih pada ketinggian 2090 meter dpl di bawah puncak gunung tersebut dan mengeluarkan bau belerang yang sangat menyengat.Sejak saat itulah kawasan ini dikembangkan oleh pemerintah dan menjadi kawasan wisata .

Wisata Kawah Putih menjadi salah satu pilihan tempat wisata alam di Bandung, berada di salah satu lokasi kawasan Wisata Bandung Selatan, tepatnya daerah Ciwidey Bandung anda bisa melihat lokasi kawah putih sebelum Situ Patenggang.Untuk berkunjung anda juga dapat menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.Jika anda membawa mobil saya sarankan menggunakan mobil yang memiliki “Ground Clearance” tinggi, karena jalanan untuk menuju lokasi kawah berlubang.

Apabila anda berencana untuk menggunakan angkutan umum, anda dapat naik di Terminal Leuwi Panjang lalu berhenti di Terminal Ciwidey naik kembali angkutan umum dan langsung berhenti tepat di depan Kawah Putih.Wisata ini buka dari 07.00 sampai dengan 17.00 setiap harinya.Tempat yang satu ini juga sering dijadikan sebagai foto pre-wedding karena keindahan alamnya.

Bagi anda yang ingin berkunjung jangan lupa untuk membawa pakaian hangat / jaket, sarung tangan karena udara di Kawah Putih bisa mencapai 8°C.Anda juga dapat membawa masker, karena bau belerang di lokasi sangat menyengat (apalagi bagi anda yang memiliki indra penciuman yang peka).

Wisata Kawah Putih menyediakan berbagai macam fasilitas untuk menunjang para pengunjungnya, diantaranya :

  • Lahan parkir yang luas (parkir atas dan parkir bawah)
  • Parkir atas : Jika anda ingin membawa kendaraan pribadi dan parkir di lokasi kawah maka anda akan dikenakan tarif parkir atas.
  • Parkir bawah : Jika anda tidak membawa kendaraan pribadi dan parkir di lokasi gerbang  maka anda akan dikenakan tarif parkir bawah.Anda dapat memakai angkutan khusus untuk menuju ke lokasi kawah (ini saya sarankan bagi anda yang membawa mobil pribadi seperti sedan dan sebagainya).
  • Mushola
  • Angkutan khusus (disediakan bagi anda yang memakai angkutan umum atau tidak membawa kendaraan pribadi sampai ke kawah sehingga dari depan gerbang bisa langsung menuju kawasan kawah)
  • Pusat informasi
  • Toilet
  • Warung makan atau minum
  • Warung oleh-oleh
  • Kuda (jika anda merasa kelelahan berjalan kaki, anda dapat menyewa kuda untuk tetap dapat berkeliling di kawasan Kawah Putih)
Pesona Wisata Kawah Putih Bandung Selatan

Untuk permasalahan tarif, menurut saya cukup terjangkau di kantong anda.Berikut saya berikan daftar tarifnya :

Tiket masuk (untuk wisatawan domestik atau lokal) Rp. 18.000
Tiket masuk (untuk wisatawan mancanegara atau turis ) Rp. 50.000
Parkir atas (Roda 4) Rp. 150.000
Parkir atas (Roda 2) Rp. 35.000
Parkir bawah (Roda 4) Rp. 6.000
Parkir bawah (Roda 2) Rp. 5.000
Parkir bawah (Roda 6 atau lebih) Rp. 25.000
Angkutan khusus Rp. 15.000/orang untuk pulang pergi

Jika anda berencana untuk membuat foto pre-wedding di kawasan Wisata Kawah Putih anda akan dikenakan biaya Rp. 500.000 (belum termasuk harga tiket dan keperluan yang lainnya), namun menurut saya untuk membuat foto dengan keindahan alam di lokasi harga ini masih tergolong relatif murah.Jika anda berencana menginap di sekitar lokasi banyak terdapat penginapan ataupun hotel-hotel murah.

Sedikit saran saya yang terakhir selain memakai masker dan pakaian hangat, tetap gunakan sunblock jika anda berkunjung ke salah satu tempat wisata alam di Bandung ini. Karena sengatan matahari yang mungkin akan membuat kulit anda menjadi hitam.Jangan lupa untuk tidak terlalu lama berada di lokasi kawah karena pernafasan anda akan terganggu.

Sekian dari KamusBandung, semoga bermanfaat bagi anda.

Baca juga


Related Post