Dusun Bambu, Wisata Alam dan Kuliner Unik Bagai di Hutan Peri

Anda pernah menonton film Peter Pan? Bukan Peter Pan grup band yang sudah ganti nama itu loh. Melainkan cerita anak laki - laki yang bisa terbang bernama Peter Pan dan memiliki teman seorang peri bernama Tinker Bell, ingat? Nah Peter Pan dan Tinker Bell bersama kawan - kawan lainnya tinggal di sebuah hutan guna berlindung dari Bajak Laut Jahat, Captain Hook. Nah di hutan tempat mereka tinggal, banyak dibentuk menjadi rumah pohon berbagai bentuk dengan jembatan - jembatan kayu yang unik diantara rumah pohon tersebut.

Unik bukan? Apalagi rumah pohon seperti itu tidak hanya ada di dongeng atau cerita fiksi saja, anda bisa mengunjunginya di dunia nyata! Lokasi tempat wisata kuliner di Bandung ini? Tidak jauh kok, tidak perlu ke luar negeri, ada di sebuah tempat di kota kembang ini. Apa namanya? Mari simak ulasan dari KamusBandung.
Dusun Bambu Bandung
sumber: dusunbambu.com

Dusun Bambu, adalah salah satu tempat wisata alam lengkap dengan wisata kuliner yang mengambil tema kembali ke alam. Lokasinya berada di kawasan ekowisata di kaki Gunung Burangrang yang memiliki misi 7E yakni Edukasi, Ekonomi, Etnologi, Etika, Estetika dan Entertainment. Tepatnya berada di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Bandung Barat. Dusun Bambu bisa disebut sebagai pencetus ekowana wisata yang pertama kali di Jawa Barat.

Awalnya Dusun Bambu merupakan sebuah lokasi atau lahan yang kurang terurus namun mulai pada tahun 2008 beberapa pengusaha memiliki ide untuk mengembalikan lahan agar lebih alami dan memiliki dampak positif bagi lingkungan sekitar yakni dengan menjadi lahan konservasi bambu.

Oleh karena itulah namanya sekarang menjadi Dusun Bambu. Ketika awal pemrosesan lahan, telah disebar 100.000 bibit pohon guna membuat lokasinya menjadi seteduh dan sesejuk sekarang yang bisa dibilang memakan waktu cukup lama yakni 2008 hingga 2011. Kemudian beberapa bangunan yang berkonsep green dibangun untuk semakin memperindah lokasi wisata alam Dusun Bambu hingga pada akhirnya pada tanggal 16 januari 2016, Dusun Bambu diresmikan sebagai ekowanawisata pertama di Jawa Barat.

Selain menawarkan keindahan bangunan yang penuh setetika dan selaras dengan alam, anda bisa menjelajah lokasi Dusun Bambu yang seluas 15 hektar ini. Anda bisa menikmati asiknya terbang dengan balon udara, belajar tali temali, atau untuk anak anak anda yang ingin mengenal satwa kelinci bisa berkunjungi di lokasi yang ada di Dusun Bambu.

Terdapat juga lokasi olahraga paint ball, biking, gokart, telusur sungai bahkan memanah yang bisa anda kunjungi. Untuk wisata kuliner sebaai fokus utama kita kali ini ada, terdapat tiga buah restoran dengan konsep berbeda yang berada di lokasi Dusun Bambu. Pertama adalah Resto Purbasari yang memiliki pemandangan indah gunung Burangrang, yang kedua adalah Cafe Burangrang  yang memiliki desain arsitektur green modern, lalu yang terakhir dan paling unik adalah Lutung Kasarung.
Dusun Bambu Bandung
sumber: dusunbambu.com

Lutung Kasarung ini adalah lokasi kuliner yang tempat makannya membulat menyerupai sarang burung atau rumah pohon. Uniknya, sarang burung atau rumah pohon ini sedikit melayang dari atas permukaan tanah atau terlihat menggantung, unik bukan? Sajian yang dihidangkan juga sangat bervariasi namun tidak melupakan masakan khas Sunda atau nusantara yang menjadi menu andalan di Dusun Bambu.

Karena lokasinya berada di ketinggian 1.500 meter diatas permukaan laut, maka cocoklah lokasi ini untuk kegiatan seperti camping atau api unggun. Dusun Bambu juga menyediakan lokasi menginap dengan konsep serupa yakni dengan tenda maupun kamar penginapan yang memiliki konsep pedesaan yang sejuk.

Berminat untuk berkunjung atau menginap? Anda bisa melakukan reservasi dengan mengunjungi dusunbambu.com. sedangkan untuk sekedar wisata kuliner saja, anda tidak perlu khawatir karena harga yang dtawarkan untuk setiap sajian hidangannya berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp.60.000 (harga sewaktu waktu dapat berubah) sedangkan untuk tiket masuknya adalah Rp. 15.000 saja.

Untuk tarif menginap tentunya akan berbeda di setiap lokasi menginapnya. Tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata kuliner sekaligus berwisata alam juga? Dusun Bambu cocok untuk dijadikan salah satu tujuan liburan keluarga maupun pasangan dan karena memiliki pemandangan alam yang indah, anda juga bisa menjadikannya sebagai lokasi berfoto untuk tujuan prewedd atau tujuan lainnya. Selamat berkunjung ke Dusun Bambu, Cisarua, Bandung.

Baca juga


Related Post