Keindahan Mata Air Cantik, Sendang Geulis Kahuripan

Beruntunglah kita yang tinggal di negara Indonesia. Negara kita diberikan keindahan alam yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Sumber daya alam yang melimpah ruah dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi masyarakatnya. Selain itu kekayaan alam tersebut tak jarang dikelola untuk dijadikan tempat wisata alam.

Salah satunya adalah wilayah Jawa Barat yang kaya akan pesona pegunungan. Sebagian wilayah Bandung memang berada di zona dataran tinggi. Jadi tak heran jika udara dingin sering menyelimuti anda di malam hari. Ada banyak tempat wisata alam dan kuliner di Bandung dengan berbagai fasilitas yang memanjakan wisatawan.

Selain udara sejuk dan fasilitas yang cukup, akomodasi di kota kembang ini bisa terbilang sangat komplit. Mulai dari hotel, transportasi, dan restoran, sangat mudah dijangkau. Anda tinggal pilih dari harga yang super mahal hingga harga paling murah pun ada.

Saking banyaknya alokasi wisata tersebut, kadang membuat wisatawan kebingungan memilih mana yang akan dikunjungi. Namun jangan khawatir, kali ini akan saya sajikan salah satu objek wisata di Bandung yang lain dari biasanya. Jadi anda tak perlu bingung lagi ketika jalan - jalan ke Bandung. Penasaran mana saja tempat tersebut? Yuk, langsung saja simak reviewnya.

Kalau Klaten terkenal dengan Umbul Pongok, Bandung juga tidak mau kalah dan punya yang tidak kalah menarik. Namanya Sendang Geulis Kahuripan yang berada di Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan – Bandung Barat. Mata air alami ini masih benar-benar jernih dan bersih. Apalagi ditambah dengan suasana pedesaan yang asri dan sejuk khas pedesaan semakin membuat liburan sempurna. Sendang Geulis Kahuripan termasuk tempat wisata yang baru di Bandung, jadi masih jarang dijamah pengunjung.

Sebenarnya banyak sebutan untuk tempat ini, diantaranya Talaga Cikahuripan atau Sirah Cai Kahuripan. Namun belakangan banyak yang menyebutnya dengan Sendang Geulis Kahuripan akhirnya tempat yang satu ini terkenal dengan nama tersebut. Tentunya nama ini memiliki arti, karena menggunakan campuran Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda.
Keindahan Mata Air Cantik, Sendang Geulis Kahuripan

“Sendang” yang artinya kolam di pegunungan dan sebagainya yang airnya berasal dari mata air yang ada di dalamnya, biasanya dipakai untuk mandi dan mencuci, airnya jernih karena mengalir terus; sumber air: gadis-gadis desa tiap pagi pergi ke -- untuk mengambil air minum di sana. Menurut sumber Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). “Geulis” berarti cantik dan “Kahuripan” berarti kehidupan. Jika diartikan secara keseluruhan kita dapat mengambil arti dari nama ini adalah kolam di pegunungan yang berasal dari mata air dengan pemandangan yang cantik dan memberikan kehidupan bagi orang di sekitarnya.

Tentunya tidak salah dinamakan demikian, karena ketika anda sampai disana anda akan melihat kolam dengan mata air yang sangat jernih dan bersih. Ditambah lagi karena tempat ini dikelilingi dengan pohon – pohon tinggi yang rimbun membuatnya makin indah. Tentunya akan membuat anda tidak sabar untuk berendam. Konon menurut mitos yang beredar di masyarakat sekitar, air di Sendang Geulis Kahuripan juga tidak hanya jernih tetapi memiliki khasiat untuk mempercantik, memperhalus kulit, dan awet muda. Tentunya untuk masalah ini kembali lagi kepada keyakinan anda masing – masing.

Kalau anda berkunjung ke tempat wisata alam di Bandung Barat ini, anda wajib berenang atau sekedar berenang mencicipi segarnya air sendang. Dijamin rasa penat karena aktivitas pekerjaan bakal hilang setelah anda berendam di sendang ini. Bagi anda yang akan berkunjung ke tempat ini disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua mengingat lokasinya yang jauh di pedesaan.

Untuk bisa menuju kesini jika menggunakan kendaraan roda empat sebenarnya masih cukup sulit karena tidak banyak petunjuk jalan, dan juga karena jalanan yang sempit. Jika anda menggunakan kendaraan roda empat saya sarankan untuk berhati – hati, karena terkadang jalan yang dilalui ketika anda bertemu dengan kendaraan roda empat lainnya harus bergantian. Tidak perlu khawatir untuk masalah makanan, karena disana sudah banyak warung – warung yang menyediakan makanan ataupun sekedar minuman untuk menghatkan badan anda.
Keindahan Mata Air Cantik, Sendang Geulis Kahuripan

Rute yang harus anda tempuh ketika ingin menuju kesana untuk pertama pastinya arahkan kendaraan menuju ke arah Cikalong Wetan, lurus saja terus ketika anda melihat batas kecamatan harap perhatikan sebelah kanan anda karena akan terlihat gapura dengan nanas di ujungnya. Ketika sudah sampai disana kira – kira anda hanya berjarak 4 KM lagi ke Sindang Geulis Kahuripan. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat GPS anda dan mengarahkan pada koordinat 6°44’57″S 107°28’46″E.

Sedikit tips dari saya jangan lupa untuk membawa pakaian ganti dan pastinya persiapakan kamera anda. Sayang sekali jika anda tidak mengabadikannya. Tiket masuk ke tempat wisata Sindang Geulis Kahuripan hanya Rp. 10.000 per orang. Tentunya tidak mahal dan saya rasa tidak rugi dengan pemandangan dan sensasi berendam atau berenang yang akan anda rasakan.

Sekian dari saya, akhir kata jika anda berkunjung jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian alamnya. Perhatikan juga jangan sampai mengotori dengan sampah – sampah sisa makanan atau minuman anda. Selamat menikmati liburan anda di Bandung.







Baca juga


Related Post